![]() |
Riset Kata kunci dengan Google keyword planner 2015 |
Google Keyword Planner merupakan satu-satunya solusi untuk anda, agar menemukan hot keyword, kata kunci yang paling banyak di cari oleh para pengguna internet. Maka sangat disayangkan jika blog/web ingin berpenghasilan, tetapi tidak melakukan riset kata kunci dengan benar. Kita sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga dengan optimasi seo onpage dan offpage yang baik, namun anda mengabaikan langkah ini. Maka hasil yang didapat kurang memuaskan, visitor yang didapatkan pun sedikit. Apa jadinya jika visitor yang didapat hanya sebatas hitungan jari saja. Maka langkah terbaik untuk mendapatkan pengunjung yang di harapkan, kita perlu melakukan riset kata kunci atau keyword.
Nah langkah ini akan menuntun anda, untuk bagi yang belum mengerti bagaimana cara melakukan riset kata kunci menggunakan google keyword planner. Mari ikuti caraKu ini:
Mencari kata kunci dengan Google Keyword Planner:
1. Pertama mendaftarkan akun gmail anda ke Google Adwords.
Supaya dapat menggunakan tools google keyword, kita harus memiliki akun GMAIL terlebih dahulu, karena kita akan sign-in ke google adword dengan akun GMAIL. Masuk ke Adwords.google.com Klik INI. Maka anda akan diminta login menggunaka akun dan password GMAIL.
Tampilan Google adword, Klik Masuk ke adword (Login menggunakan akun GMAIL) |
2. Bagaimana cara menggunakan google keyword planner untuk melakukan riset kata kunci (Keyword) yang paling banyak di cari:
Untuk memilih kata kunci dengan menggunakan alat inii, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini:
Setelah anda melakukan SIGN-IN ke adword, selanjutnya anda klik pada menu ‘TOOLS” yang ada diatas, Lalu pilih “KEYWORD PLANNER” (Lihat Gambar dibawah).
Cari menu TOOLS lalu klik KEYWORD PLANNER |
Selanjutnya pada kategori “FIND NEW KEYWORD” terdapat 2 pilihan, maka klik yang “Search for new keyword using a phrase, website or Category.”
Klik "Search for new keyword using a phrase, website or Category" |
Pertama, pada form “Your Product or service” ketikan kata kunci yang akan di bidik, misalnya saya akan membidik keyword “Cara membuat Facebook.”
Kedua, Targeting kita ganti “All Location” menjadi Indonesia, sehingga target kata kuncinya hanya Indonesia. Ketiga Klik Ideas.
![]() |
Ikiti seperti pada gambar |
Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah, ubah pilihan ad group ideas menjadi "Keyword ideas" untuk menampilkan daftar panjang.:
Diagram, banyaknya jumlah klik, disetiap bulan |
Klik keyword Ideas |
Pada tab Keyword ideas, Maka disitu anda perhatikan tabel Avg Montly Searches dan Suggested Bid:
Tabel AVG.MONTHLY SEARCHES adalah untuk memperlihatkan kata kunci dengan banyaknya pencarian, yang di cari di search engine google.
Dan Tabel SUGGESTED BID adalah untuk memperlihatkan kata kunci dengan patokan biaya, jika ingin memasang iklan di google dengan kata kunci tersebut.
Tabel AVG.MONTHLY SEARCHES adalah untuk memperlihatkan kata kunci dengan banyaknya pencarian, yang di cari di search engine google.
Dan Tabel SUGGESTED BID adalah untuk memperlihatkan kata kunci dengan patokan biaya, jika ingin memasang iklan di google dengan kata kunci tersebut.
AVG Montly: nilai yang harus menjadi fokus utama perhatian anda! |
Oleh karena Avg. Monthly Searches merupakan parameter jumlah pencarian kata kunci, maka nilai inilah yang harus menjadi fokus utama perhatian anda. Ada 2 hal yang harus anda ketahui tentang nilai dari Avg. Monthly Searches ini, adalah:
- Google memunculkan hasill pencarian exact. exact yang dimaksud adalah jumlah pencarian yang dilakukan dengan mengetikan kata kunci yang benar-benar sama persis dengan yang anda ketikkan saat melakukan riset.
- Oleh karena hasilnya adalah exact, maka anda harus mencoba memasukkan beberapa variasi lain dari kata kunci anda untuk menemukan jumlah pencarian yang lebih besar dari riset kata kunci ini.
Demikianlah caraku melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner versi 2015, semoga blog anda, mendapati pengunjung yang lebih tertarget dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan.